Recovery Windows 7 Menggunakan Acer eRecovery

Anda pengguna Windows 7 Original? Terkadang saat Anda membeli sebuah Laptop/Notebook yang sudah disertai sistem operasi Windows 7 yang Ori, biasanya tidak disertai dengan DVD master Windows 7 tersebut (untuk laptop merk tettentu biasanya tidak disertai DVD). Artinya hanya beli Notebook plus dengan sistem operasi saja dan siap dipakai.

Namun bagaimana jika sewaktu-waktu Windows 7 kita error? Pasti jawabannya adalah System Restore. Ya, memang benar, system restore adalah solusi untuk menangani error pada sistem Windows 7. Tapi bagaimana jika sudah error yang "kronis" dan harus instal ulang dan Anda tidak punya DVD masternya. Apakah akan mengorbankanWindows 7 Ori tadi diganti dengan yang bajakan? Tentu saja tidak kan......

Untuk mengantisipasi hal tersebut, setelah membeli Notebook/Laptop yang sudah ada sistem operasi WIndows 7 Original dan tidak disertai DVD masternya, maka lakukanlah Backup sistem operasi Windows 7 tersebut beserta Drivernya.
Jika Anda pengguna Laptop Acer, bisa menggunakan fasilitas Acer eRecovery. Untuk merk lain biasanya ada fasilitas Backup-nya. Acer eRecovery hanya untuk memudahkan saja.



Untuk langkah backup sama dengan saat kita burning CD/DVD. Jangan lupa siapkan DVD blank.


Buka aplikasi Acer eRecovery. Kan muncul 2 pilihan : Create Factory Default Disc (Backup Win 7) dan Create Drivers and Application (backup Driver dan aplikasi yang sudah terinstal). Pilih yang Factory Default Disc.
(lihat gambar diatas).

Selanjutnya muncul tampilan, untuk backup/recovery Factory Default Disc memerlukan 3 DVD blank.



Masukkan DVD blank ke Drive Optik, lakukan burning sampai DVD ke 3.







Untuk Recovery Driver dan Aplikasi, langkahnya sama, tinggal pilih menu Create Drivers and Application, kemudian akan muncul size yang akan diburning. Masukkan DVD blank ke Drive DVD dan lakukan burning.





Selesai sudah Recovery/Backup sistem operasi Windows 7, kita tidak perlu khawatir lagi jika sewaktu-waktu Windows kita error.... ^^

0 Response to "Recovery Windows 7 Menggunakan Acer eRecovery"

Post a Comment